Senin, 25 Februari 2013

Bhutan dengan nenekmoyang nya .

     Aku ingin tau dimana mayat di bakar kalau meninggal ? Kalau di Eropah ada tempat kusus, di India di bakar pakai kayu. Di Bhutan kata Dorji,  anak yang berumur  0-8 tahun kalau meninggal, di buang ke sungai untuk makanan ikan, kembali ke alam semesta, mungkin nanti reinkarnasi jadi ikan ? Orang meninggal yg umurnya diatas 8 thn sampai 79 thn dibakar dulu baru di buang ke sungai .
     Tapi yang sudah berumur 80 thn keatas, mereka dibawa ke gunung yang tinggi untuk makanan burung besar disana, mungkin biar reinkarnasi dengan elang ? aku masih kurang jelas. Biar bisa terbang kemana2 melindu ngi keturunanya. 
Besok kami ada undangan untuk menghadiri pernikahan di Lobesa, kami harus beli apa? Dorji yang tau, dia beli kain putih seperti selendang dari sutraa lima lembar, beli beer satu lusin, amplop, pesta mulai  dari pagi, kami duluan biar tidak terlalu banyak orang, sebelum masuk ke rumah, kami persiapkan uang dalam amplop, di rumah pengantin sudah ada musisian dari Bhiksu, mereka baca sembayang om om om om give me money ?
     Tapi bunyinya seperti itulah  kami disuruh duduk, dijamu dengan macam2 makanan ringan  ada crispi rice, penuh didepan kita, aku ambil sedikit,  ada si nenek yang sudah 80 tahun duduk sendiri , mungkin dia sudah lupa ingatan ? Lalu pengantin datang  dan duduk, kami berdiri, Dorji duluan memberi kain putih yang dari sutra tadi, kepada kedua penganten, lalu kami menyusul, suamiku kasih kepada pengantin lelaki dan aku kasih ke pengantin perempuan .
     Kemudian uang yang didalam amplop kami taruh di atas meja, kami ambil photo sebagai kena ngan. Begitulah seterusnya orang mulai berdatangan untuk memberi cado, gantian lalu turun keba wah dimana banyak orang lagi masak makanan, sediain sirih, kita juga di kasih sirih, tapi aku tidak makan. semua yang datang di kasih minum soup, makan sirih, resepsinya nanti jam 11, masih banyak waktu, ada tarian traditional, wadohh kami beruntung benar, bisa melihat langsung acara pengantin, karena jarang  terjadi dan kebetulan kita ada waktu .
     Aku tanya gimana mereka bisa ketemu ? Mereka dua2nya masih muda umur 20 thn, si perempuan dari utara  jauh dari kampung laki2. Mereka kasih tau via telp (hp).modren juga yah ? si lelaki  nelpon ke salah satu nomor, asal2 saja yang terima si perempuan, nah cerita punya cerita mereka mulai akrab dan bertemu, cocok satu sama lain lalu menikah .semua biaya ditanggung yang laki karena dia anak tunggal ,bapaknya juga anak tunggal .