Minggu, 14 April 2013

Ex Uni Soviet;Tchernobil.


                                                                     Tchernobil.................... begitu sampai Velnus kami coba2 tanya kalau ada kemungkinan pergi ke Ukrenia lewat Belaruss. Kami tau harus ada visa dan tidak tau  berapa lama, karena sudah hari kamis, dari touris inf kami di sarankan untuk pergi ke travell, tidak jauh dari tempat kami masuk untuk dapat informasi,kemungkinan ada dua. Masuk ke Russia harus tunggu satu minggu,atau keBelaruss 3 hari .Kami pilih ke Belaruss."Visa akan dapat hari senin" katanya. Agak mahal dan hanya untuk 3 hari, dan di sarankan harus berangkat lebih pagi (visa transit)karena biasanya lama,dan banyak orang.
     Kami siapkan semua, foto, dollar, dan sementara waktu pergi keliling ke luar Vilnus  kota lainnya, agak ke utara. karena disana ada banyak danau "2 hari kemudian kembali ke vilnus. Di tepi danau siangnya banyak orang ,malam hanya dua orang ,yang kemping ,kami ikut ,karena tidak ada hotel,banyak diantara mereka yang punya kapal kecil ,bisa jauh untuk mancing,asyik dan ramai semua dengar musik .Mereka tidak banyak omong ,hanya antara teman ,baru malamnya sepi ,kira2 jam 5pagi aku dengar ada totok toktok ,saya pikir ada binatang atau orang .Pagi jam 8 kudengar bunyi yang sama ,lalu ku lihat ternyata burung lagi cari makan di pohon.Kami berenang di danau , sebelum  berangkat ke velnus.Hari senin visa sudah dapat ,rasanya senang bisa lewat ,seperti yang di sarankan kami berangkat pagi2 ,sampai di perbatasan duuuuh illah camion(truk) jejer entah berapa km,untung ada barisan mobil  agak cepat 10 mobil di depan kami ,di cek no kendraan,baru pergi ke kantor immigrasi ,lah disini kami tunggu 2jam ,tiga kali mengisi formulir ,tetap juga ada yang kurang ,mereka kasih yang bhs rusia,kita tidak tau ,tanya lagi suruh kesebelah.Lainnya sudah biasa selipkan  duit didalam pasport ,langsung beres, kami yang tidak biasa korupsi ,di perlambat ,sampai mereka yang bosan  ,mana lagi hujan deras .Ahirnya dipanggil ke dalam ,untuk mobil harus ada insuransi ,tambahan ,lalu beres, kami bebas .Langsung beli bensin,takut mogok, dibayar dengan credit card, lumayan,belum ada duit lihat camion lebih panjang lagi dari bellarus untuk keluar , berapa lama mereka harus nunggu di perbatasan?
 semua compuiter,tapi harus isi pormulir untuk dibuang ke tempat sampah.Kami langsung ke Mins ,k0ta ini sagat bagus ,hampir sama dengan kota Paris katanya ?????
,jalannya luas banyak restorant,toko2 besar patung Lenin yang begitu gagah ,seperti di negara ex com.lainnya Sayang kita tidak bisa lama ,untuk menikmati ke indahan kota ,waktu yang terbatas.Ada bagusny sebagai komunis dulu karena mereka memikirkan kepentingan bersama,banyak kebun2 yang subur,mainan untuk olah raga,pohon2 yang ridang kebun bunga ber macam2.

Waktu sudah habis harus berangkat menuju Ukrania, lewat imigrasi  tidak lama setelah  keluar, langsung ke kantor imigrasi, seperti biasanya, formulir bebas visa, yuuuupi kami berangkat, "selamat datang di ukrenia" katanya.
     Sudah jam 5 sore kami sampai di kota yang terdekat,hehehe mau beli makan tukar duit, semua bank sudah tutup, mau ke hotel ,tidak mungkin. Kami cari tempat, susahnya, semua di tanami jagung yang kelihatannya sudah mati karena kurang air,  sudah mulai malam, kami keluar jalan, ada tempat untuk semalam, makan apa adanya. Di tempat yang aman tapi ternyata tidak jauh dari kota.
     Besoknya kami pergi ke bank, kami diterima dengan baik, tukar 500 euro, dimasukan dalam amplop, rencana mau lihat krater  schernobil, ke arah utara. Kami melaju terus tanpa mikirin duit , karena hanya lewat kampung, tidak ada yang di beli, masih ada makanan yang kami beli divilnus . 
     Sampai di tujuan, kami tidak diperbolehkan masuk, harus ada ijin dari Kiev, sekelilingnya benar2 hancurnya desa2 tidak ada penghuninya, sepi.... burungpun tidak ada yang berkicau pintunya di jaga. Katanya ada pintu khusus untuk ke krater, kami pergi, disana, jumpa  orang yang sudah dapat ijin, mereka wartawan, memberi imformasi, ijin masuk menghabiskan waktu 1minggu di kiev.
     Kami tidak ada waktu jadi  cuma sampai di pintu schernobil .Dan melanjutkan perjalanan ke Kiev, menginap di hotel, baru teringat akan duit yang kami tukar, ternyata ditukar sama dengan kurs  dollar, padahal duit kami euro, .mau kembali lagi sudah terlalu jauh. Di tourist informasi kami di bantu , mereka telp langsung ke bank penukaran, ternyata dia juga menunggu, dia pikir kami akan kembali ke sana. Jalan satu2nya dia kirim sisa penukaran ke geneve, melalui bank.
     Gara2 mau ke schrenobil  mau cepat berangkat, lupa hitung duitnya. Tapi masih bagus, duit kembali setelah itu kami mulai hati2. Ukrenia sementara ditinggalkan, kami menuju Moldavi.
    Ada dua kemungkinan perjalanan perjalanan menuju kesana, ada yg lebih dekat, tapi harus lewat Trestechenie, masih ikut Russia, menurut informasi  transit, tidak ada masalah.Yah kami coba, mulai seperti biasa, formulir, acc dari bos ?. Wah! disini terbentur, dia bilang 60 euro untuk kami berdua +mobil, lalu aku kasih 50 euro dan dai minta lagi 10 untuk mobil, dia masuk kan kantong, dan kami di suruh pergi.
     Suasana mulai rame, kami minta bantuan yang bisa bhs inggris, lama2 duit di kantongi , terlalu banyak untuk dia kalau di bandingkan dengan gajinya. Kami di persulit lagi, 3jam.suami marah, dia minta "kalau memang harus korupsi kami rela bayar" katanya .
     Diterjemahin langsung, dengan pemeriksaan barang, dia sendiri agak malu, karena semua dengar , tapi rupanya memang tradisi mereka, disuruh lagi mengisi formulir, dengan nama orang tua, gila memang untuk org rusia itu tertulis di pasport,tanya ke sebelah dia bilang tidak usah sesuai dengan yang di pasport.
     Perempuan yang terima duit mulai malu, uang 50 euro dikembalikan, dari kantong, kami tidak bayar apa2 kecuali isuransi untuk mobil. Kami pergi hanya 4 jam lewat negara kecil yang belum di akui PBB, wah sudah capek dengan imigrasi. Untung di Moldavi tidak usah pakai visa, kami berangkat, cooll, hop sebelum sampai kota kok banyak militer ? jarak tiap 15 m ada apa????jalan terus ...... 
                         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar