Selasa, 26 Maret 2013

Drakula kecil di Ukraina

Debu.... debu...jalanan... di Ukraina...sepanjang 100 km  hanya penuh dengan pasir, kita jalan pelan2, biar tidak sampai terjerat masuk lobang . Kadang ada mobil yang datang dari arah berlawa nan, tapi mereka biasanya pakai mobil yang 4 w driver, biar gampang untuk keluar. Kami tidak melihat ada larangan untuk lewat, di kejauhan kami melihat ada mobil yang kemping dekat pantai. Tapi gimana yah mereka sampai di pinggir pantai ? kami lewat sudah agak jauh tapi kami masih tetap dibawah jalan, banyak danau2 kecil, kadang2 ada ular yang lewat, banyak burung, akhirnya kami ikutin jalan menuju ke pantai, harus lewat danau yang sudah kering, karena terlalu panas, dan sudah lama tidak datang hujan. Kami juga melihat dikejauhan ada mobil parkir, mereka sedang memasang tenda, berarti mereka mau kemping disana.
     Karena sudah mulai sore, kami memutuskan untuk beristirahat dan tidur dimobil saja. Susah milih tempat untuk parkir, karena hampir semua tempat berupa pematang sawah yg agak besar bergelombang, tidak ada yg datar, dan harus lihat angin datang dari mana agar tidak tertimbun debu. 
Setelah  dapat tempat yang datar,  dekat pantai yg bagus, kita ingin mandi, ternyata ada larangan bagi wisatawan untuk mandi disana," terlalu bahaya". katanya
     Melihat banyaknya botol2 yang ditinggakan disana, aku pikir banyak pengunjungnya, hampir sepanjang pantai itu penuh botol beer, votka dan lain2. Dari Eropa kita sudah terbiasa bawa sampah pulang kalau tidak ada tempat sampah, kemanapun kita piknik. Aku takut kena pecahan botol, satu botol sudah remuk waktu mobil mundur mau parkir. 
     Sambil menikmati pemandangan di sekitar pantai, kami mulai keluarin kursi yang dari plastik, lalu duduk untuk menikmati matahari terbenam yg biasa disebut " sunset". Benar2 bagus makin lama makin kecil, begitu matahari terbenam, terdengar suara nyamuk...nging... nging ....nging,..ramai sekali. Busyett....!! mereka banyak banget....entah dari mana saja datangnya, aku bilang nyamukkkkkk.....,,, sambil lari masuk ke mobil menghindari gigitannya, tapi ada dua tiga ekor yang sempat masuk.
     Kami tidak bisa keluar dari mobil, karena nyamuk menunggu korban sampai gelap, katanya "nyamuk tidur kalau sudah malam". Benar juga setelah gelap...nyamuknya hilang, kami bisa bebas jalan2 di sepanjang pantai, sambil mendengar deburan ombak.
     Tapi besoknya, duhhh .... ampun deh....nyamuknya datang lagi lebih banyak dari kemarin sore, hinggap di sekeliling mobil, ributnya nging....nging.....ngiiing.....,sepertinya mereka kelaparan. Terpaksa kami harus pergi mencari tempat lain yg bebas dari nyamuk, tapi mustahil rasanya karena sepanjang pantai banyak sampah botol bekas minuman para pengunjung yg tidak bertanggung jawab.
Ternyata orang dari Rusia yang kemping dekat kami, juga mengalami hal yang sama, mereka juga mencari tempat yang lain untuk menghindari serangan nyamuk. Akhirnya kami lanjutkan perjalanan sampai ke laut hitam. Pantai Ukraina yg indah walau penuh sampah dan nyamuk kami tinggalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar